Skip to main content

Featured Post

20 Jenis Kucing Termahal Di Dunia, BISA MENCAPAI SATU MILYAR RUPIAH!!!

Ternyata Ikan Bukan Makanan Alami Kucing

Kucing memang hewan karnivora atau pemakan daging, ga masalah jika ikan masuk dalam menu makanannya sehari-hari. tapi ternyata ikan bukan makanan alami kucing ketika hidup di alam.
Persepsi ikan sebagai makanan kesukaan kucing sering kita lihat di film kartun, buku, atau komik. tapi coba sedikit berlogika, jika kucing itu hidup di alam dan tidak menyukai air, bagaimana dia bisa menangkap ikan?

ig @p_nyanco22


Sebenarnya apa yang terjadi dengan evolusi kucing? Jika ikan bukan bagian dari makanan alaminya, lantas apa yang menyebabkan banyak kucing menjadi suka ikan?

Jawaban atas pertanyaan ini cukup sederhana: kucing termasuk pemangsa yang oportunistik. Itu berarti bahwa mereka akan mengambil keuntungan dari situasi dan memakan apa pun yang siap didapatkan secara mudah.

ig @p_nyanco22


Kucing telah menghabiskan ribuan tahun dengan manusia, mencari makanan dari manusia. Dan karena kucing itu pintar, mereka dengan cepat menyadari bahwa ikan yang bisa mereka peroleh dari manusia merupakan sumber makanan mudah yang tidak membutuhkan usaha apa pun.

Makan ikan yang ditangkap oleh manusia mengurangi kebutuhan untuk berburu aktif dan menghemat energi mereka.

ig @p_nyanco22


Sistem pencernaan kucing tidak mampu menyesuaikan perubahan dalam pola makan mereka, maka dari itu dianjurkan untuk memberi ikan pada kucing Anda dalam jumlah sedang.

Seekor kucing memiliki respon rasa yang lebih sedikit daripada manusia - kucing hanya memiliki sekitar 470 rasa sedangkan manusia memiliki respon untuk 9.000 rasa. Kucing hanya dapat mendeteksi lima jenis rasa: pahit, asin, asam, manis, dan umami. Namun, rasa manisnya terbatas karena mereka tidak dapat mencerna karbohidrat dan gula sepenuhnya, dan mereka tidak benar-benar membutuhkannya dalam makanan mereka.

ig @p_nyanco22


Meskipun indra perasa mereka tidak berbeda dengan indera kita, kucing memiliki indera penciuman yang lebih tajam, dan aroma ikan yang kuat mungkin yang menjadi penarik perhatian kucing.

Kalau begitu, penting ga sih memberikan makan ikan ke kucing?

Ikan bisa menjadi sumber protein yang sangat baik untuk kucing Anda ketika diberi makan dalam jumlah sedang. 

Kucing adalah hewan karnivora yang berarti mekanan utamanya adalah daging dan hanya sedikit konsumsi sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Karena kucing memiliki sistem pencernaan pendek, mereka tidak dapat mencerna tumbuhan secara sempurna.

ig @p_nyanco22


Kucing membutuhkan protein, yang terbuat dari asam amino. Protein-protein ini membentuk enzim, antibodi, dan hormon yang dibutuhkan kucing agar tubuh mereka berfungsi dan tetap sehat. Mereka memperbaiki sel-sel rusak, mengatur keseimbangan pH, dan menyediakan energi bagi tubuh kucing Anda.

Tubuh kucing juga membutuhkan lemak yang mereka dapatkan dari asam lemak. Meskipun tanaman juga dapat mengandung protein, kucing bisa menggunakan asam lemak yang mereka dapatkan dari daging dan ikan.

ig @p_nyanco22


Ikan mengandung taurin, yang merupakan asam amino yang mengontrol irama jantung, penglihatan, pencernaan, dan reproduksi. Banyak mamalia membuat taurin sendiri dari asam amino lain, tetapi tubuh kucing tidak bisa melakukan ini, dan mereka harus mendapatkan asupan taurin dari makanan.

Meskipun ikan mengandung asam amino yang dibutuhkan kucing, ia kekurangan mineral tertentu seperti zat besi, kalsium, dan natrium. Ikan juga mengandung terlalu banyak fosfor dan bisa jadi mengandung merkuri dan racun tingkat tinggi.

Selain sangat kaya yodium dan bahan-bahan lain yang berbahaya bagi kucing jika diberi makan secara teratur atau dalam dosis besar, ikan juga tidak memiliki semua mineral dan vitamin yang diperlukan untuk diet yang sehat dan seimbang.

ig @p_nyanco22


Ikan mengandung tinggi protein, tetapi kekurangan vitamin B dan vitamin E. Juga, jumlah nutrisi ikan sangat tergantung pada tempat tinggalnya. Beberapa ikan dibesarkan di sumber air yang tidak sehat, yang bisa penuh dengan limbah dan polutan.

Meskipun Anda sering melihat kucing memakan ikan mentah dalam kartun, memasak ikan mungkin merupakan ide yang baik untuk mencegah kucing Anda terserang parasit.

Jenis ikan apa yang aman buat kucing?

Jika kucing Anda tidak alergi terhadap ikan, jenis ikan apa pun aman baginya.

ig @p_nyanco22


Tuna dan salmon adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik, tetapi sayangnya, mereka tinggi merkuri. Ikan kecil lainnya seperti ikan cod, flounder, dan halibut memiliki lebih sedikit merkuri di dalamnya, menjadikannya pilihan yang baik juga.

Seberapa banyak ikan yang aman diberikan untuk kucing?

Meskipun ikan merupakan sumber protein, taurin, dan asam lemak, ikan juga mengandung beberapa racun berbahaya seperti merkuri. Ikan juga mengandung enzim yang disebut thiaminase, yang  justru menghancurkan tiamin yang dibutuhkan kucing.

ig @p_nyanco22


Kekurangan tiamin dapat merusak sistem saraf kucing, meskipun untuk bisa terjadi seperti itu memerlukan jangka waktu lama dan jumlah asupan yang sangat banyak. Makan terlalu banyak ikan juga dapat menyebabkan risiko infeksi saluran kemih atau hipertiroidisme pada kucing Anda.

Dianjurkan agar Anda tidak memberi makan ikan kepada kucing Anda lebih dari dua atau tiga kali seminggu.

Bisakah kucing alergi ikan?

Ya, kucing bisa saja alergi ikan, seperti halnya manusia.

Ketika kucing Anda alergi terhadap ikan, sistem kekebalan tubuhnya bereaksi berlebihan terhadap protein dalam makanan. Alergi dapat menyebabkan masalah pencernaan dan kulit dan masalah sebagai berikut:
  • Diare
  • Muntah
  • Kulit yang meradang
  • Rambut rontok dan garukan
  • Bersin dan batuk
Jika kucing Anda mengalami gejala-gejala ini setelah makan ikan, Anda harus membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan pemeriksaan profesional.






Comments

Popular posts from this blog

20 Jenis Kucing Termahal Di Dunia, BISA MENCAPAI SATU MILYAR RUPIAH!!!

Di masyarakat kita, jika itu kucing biasa, anak-anaknya akan dibagi-bagikan secara gratis karena dianggap akan merepotkan jika harus merawat banyak anak kucing sekaligus. Bahkan banyak pecinta kucing yang lebih memilih kucing jantan daripada kucing betina. Alasannya sama: tidak mau direpotkan oleh anak-anaknya kelak. Namun, ada ras-ras kucing spesial yang membuat Anda berpikir dua kali lipat ketika hendak memberikannya secara gratis ke orang lain. Jika kucing tersebut adalah keturunan ras spesial, orang rela membayar mahal untuk mendapatkannya. Bagaimana seekor kucing bisa memiliki harga bervariasi bahkan sampai ada yang mahal sekali? Harga kucing bervariasi tergantung dari beberapa faktor yaitu: kelangkaan keturunan, asal-usul anakan, warna atau pola dan dari mana kucing itu berasal. Berikut adalah gambaran harga-harga kucing yang masuk dalam jajaran kucing-kucing termahal di dunia. 20. Mau Mesir - $ 800 Harga rata-rata Mau Mesir adalah sekitar $800, meskipun bisa bervariasi.

30+ Pic Kucing Jago Nge-Dance, Ekspresinya Teatrikal Banget!!!

Potret Hitam Putih Kucing: Menampilkan Nuansa yang Berbeda