Skip to main content

Featured Post

20 Jenis Kucing Termahal Di Dunia, BISA MENCAPAI SATU MILYAR RUPIAH!!!

Dymka: Telinga, Ekor dan Kakinya Diamputasi

Namanya Dymka, selain berjuang untuk hidup, kedua telinga, ekor dan keempat kakinya diamputasi dan diganti dengan titanium.

Dymka ketika itu di ambang kematian. Dia berada di luar ketika musim dingin. Menyebabkan frosbite di ekor, kedua telinga dan keempat kakinya. (Foto: TASS/dailymail.co.uk)


Di bulan Oktober 2018, dokter hewan asal Rusia, Sergei Gorshkov yang praktik di sebuah klinik di kota Novokuznetsk, menerima kunjungan dari seorang wanita. Wanita tersebut membawa kucing liar yang ditemukannya di jalan ketika sedang menyetir.

Kucing itu dalam kondisi yang sangat buruk. Terjebak di dinginnya Siberia dalam waktu yang lama membuat beberapa bagian tubuhnya membeku dan mengalami kematian jaringan. Kondisi ini disebut dengan FROSTBITE. Tak ada cara lain, dokter akhirnya harus mengamputasi ekor, kedua telinganya dan semua kakinya.

Kenapa kucing itu bisa terjebak di kondisi super dingin Siberia?

"Kemungkinan ada dua skenario untuk situasi tersebut: dia mungkin melarikan diri atau jatuh keluar dari jendela," Kata Gorshkov. "Sayangnya, kejadian frostbite pada binatang memang benar-benar masalah yang serius di Siberia.

Selama musim dingin, tim dokter hewan di klinik Novosibirsk biasanya merawat lima hingga tujuh kucing yang dibawa ke klinik dalam kondisi frostbite. Pada kasus yang sangat menyedihkan, penanganan forstbite membutuhkan tindakan amputasi. Tapi satu tahun kemudian, ada satu kucing yang sekarang bisa melompat-lompat bahagia karena bantuan titanium implan untuk menggantikan kaki-kakinya.

Kucing berwarna abu-abu ini diberi nama Dymka (dalam bahasa Rusia berarti kabut). Beruntung bagi dia yang telah dibawa seorang wanita ke klinik dokter Gorshkov. Tim dokter hewan di sana langsung membentuk tim kerjasama dengan ahli teknik dan peneliti dari Tomsk Polythechnic University (TPU) untuk menciptakan kaki buatan berbahan titanium untuk menggantikan kaki Dymka yang hilang.

Tim itu membuat CT Scan kaki Dymka untuk membuat model 3D dan kemudian mencetaknya menggunakan printer 3D. Setelah itu, dibuatlah kaki titanium yang ditanamkan ke kaki Dymka.

Untuk mencegah infeksi dan mencegah penolakan tubuh kucing terhadap kaki baru non-organiknya, mereka mengaplikasikan kalsium fosfat pada ujung implan titaniumnya sehingga akan tercipta panggabungan dengan tulang aslinya.

Foto: TASS/dailymail.co.uk

Ujung telapak kaki yang merupakan bagian dari implannya dibuat menyerupai bentuk aslinya. Terbuat dari bahan yang fleksibel dengan dasar bertekstur agar dia nyaman ketika berjalan dan melompat.
Dr. Sergei Gorshkov  Foto: TASS/dailymail.co.uk

Berdasarkan pernayataan yang dirilis oleh pihak TPU, Dymka menjalani dua prosedur. Tahap pertama adalah pemasangan kaki depannya, sedangkan kaki belakangnya dipasang di tahap berikutnya. Prosedur bedahnya dilaksanakan pada bulan Juli 2019. Bulan Desember di tahun yang sama, Dymka sembuh dari operasinya dan telah beradaptasi sepenuhya.

Foto: TASS/dailymail.co.uk


Dymka bukan kucing pertama yang menjalani prosedur ini. Pada tahun 2016, di klinik yang sama, seekor kucing bernama Ryzhik (dalam bahasa Rusia berarti merah), juga harus mengalami penggantian 4 kakinya akibat frostbite.

Dymka dan Ryzhik. (Foto: https://allthatsinteresting.com/)


Kedua kucing yang menjalani penggantian kaki titanium ini kini hidup bahagia. Dymka akhirnya diadopsi oleh wanita yang telah menyelamatkan dan membawanya ke klinik pertama kali.

Dr. Sergei Gorshkov melatih Dymka. Foto: TASS/dailymail.co.uk


Foto: TASS/dailymail.co.uk

Sumber:

  1. https://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-7899123/Adorable-cat-ravaged-frostbite-given-FOUR-prosthetic-paws-3D-printed-titanium.html
  2. https://allthatsinteresting.com/dymka-cat-titanium-paws

Comments

Popular posts from this blog

20 Jenis Kucing Termahal Di Dunia, BISA MENCAPAI SATU MILYAR RUPIAH!!!

Di masyarakat kita, jika itu kucing biasa, anak-anaknya akan dibagi-bagikan secara gratis karena dianggap akan merepotkan jika harus merawat banyak anak kucing sekaligus. Bahkan banyak pecinta kucing yang lebih memilih kucing jantan daripada kucing betina. Alasannya sama: tidak mau direpotkan oleh anak-anaknya kelak. Namun, ada ras-ras kucing spesial yang membuat Anda berpikir dua kali lipat ketika hendak memberikannya secara gratis ke orang lain. Jika kucing tersebut adalah keturunan ras spesial, orang rela membayar mahal untuk mendapatkannya. Bagaimana seekor kucing bisa memiliki harga bervariasi bahkan sampai ada yang mahal sekali? Harga kucing bervariasi tergantung dari beberapa faktor yaitu: kelangkaan keturunan, asal-usul anakan, warna atau pola dan dari mana kucing itu berasal. Berikut adalah gambaran harga-harga kucing yang masuk dalam jajaran kucing-kucing termahal di dunia. 20. Mau Mesir - $ 800 Harga rata-rata Mau Mesir adalah sekitar $800, meskipun bisa bervariasi.

30+ Pic Kucing Jago Nge-Dance, Ekspresinya Teatrikal Banget!!!

Potret Hitam Putih Kucing: Menampilkan Nuansa yang Berbeda